VISI

MENCIPTAKAN GENERASI YANG

  1. ISLAMI
  2. MODERN 
  3. TERPERCAYA DAN
  4. BERMASYARAKAT serta
  5. peduli dan berbudaya lingkungan.

Visi ini menjiwai warga madrasah untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah. Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang tergambar pada indicator ketercapaian visi:

“ISLAMI”

1.       Terciptanya kebiasaan berperilaku berfikir dan bertindak sesuai dengan akhlaq mulia dan peduli pada lingkungan.
2.       Pengetahuan keagamaan sangat mendalam
3.       Ilmu yang diterima selalu diamalkan dan semua amalan selalu berdasar padailmu yang didapatkan
 

“MODERN”

4.       Menejemen madrasah tertata dengan baik dan tertib, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan
5.       Terwujudnya optimalisasi tenaga kependidikan yang berkompeten, berdedikasi tinggi.
6.       Terwujudnya kebiasaan berfikir ilmiah, kritis dan berkecakapan hidup/ life skill  peserta didik
7.       Menguasai Teknologi
 

“TERPERCAYA”

8.       Terwujudnya KBM yang kondusif, aktif, kreatif ,efektif , inovatif serta berwawasan dan berbudaya lingkungan.
9.       Terwujudnya lingkungan Madrasah yang aman, tertib, disiplin, bersih, rindang dan asri yang didukung oleh sarana prasarana yang memadai
 

“BERMASYARAKAT”

10.     Tercipta hubungan yang harmonis dan demokratis antar warga madrasah dan lingkungan madrasah.
 
 
 
 

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.

Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi tersebut.

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang mengedepankan akhlaqul karimah dan berwawasan lingkungan
  2. Menyelenggarakan Ekstrakurikuler dalam rangka meningkatkan kualitas keIslaman dan kepedulian terhadap lingkungan
  3. Mewujud kan keilmuan yang amaliyah dan amaliyah yang ilmiah
  4. Mewujudkan Kurikulum yang lengkap, relevan dengan kebutuhan yang berwawasan nasional dan lingkungan
  5. Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar, adil, transparan dan bertaggunjawab
  6. Mewujudkan kedisplinan dan pelayanan yang optimal bagi warga madrasah .
  7. Memiliki  tenaga guru bersertifikat  profresional.
  8. Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
  9. Menciptakan pengembangan kemampuan berfikir ilmiah, kritis dan berkecakapan hidup/ life skill  peserta didik
  10. Mengembangkan kemampuan olahraga, kepramukaan dan seni yang tangguh dan kompetitif.
  11. Mengembangkan kemampun KIR, lomba olimpiade yang cerdas dan kompetitif.
  12. Menyelenggarakan madrasah plus keterampilan
  13. Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (Iptek)
  14. Mewujudkan fasilitas madrasah yang interaktif, relevan dan berbasis IT.
  15. Mewujudkan KBM yang kondusif dalam lingkungan madrasah yang aman, tertib, disiplin, bersih yang didukung oleh sarana prasarana yang memadai.
  16. Mewujudkan penilaian autentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif.
  17. Mewujudkan peningkatan prestasi kelulusan
  18. Menumbuhkembangkan budaya karakter bangsa
  19. Menciptakan lingkungan madrasah yang aman, rapi, bersih, dannyaman.
  20. Menciptakan lingkungan madrasah yang rindang, asri dan bersih
  21. Mencegah terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan.
  22. Menciptakan hubungan yang harmonis dan demokratis antar warga madrasah dan lingkungan madrasah.
  23. Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring  dengan steakholder.

TUJUAN

Indikator ketercapaian tujuan madrasah:

1.1.1.   Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang mengedepankan akhlaqul karimah dan berwawasan lingkungan

2.1.1    Menyelenggarakan Ekstrakurikuler dalam rangka meningkatkan kualitas keIslaman dan kepedulian terhadap lingkungan

3.1.1.  Terwujudnya keilmuan yang amaliyah dan amaliyah yang ilmiah

4.1.1.   Mewujudkan Kurikulum yang lengkap, relevan dengan kebutuhan dan berwawasan nasional dan lingkungan

4.2.1.   Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar, adil transparan dan bertaggungjawab

4.3.1.   Mewujudkan kedisplinan dan pelayanan yang optimal bagi warga madrasah .

5.1.1.   Memiliki tenaga guru bersertifikat profresional.

5.2.1.   Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan

6.1.1.   Menciptakan pengembangan kemampuan berfikir ilmiah, kritis dan berkecakapan hidup/ life skill  peserta didik

6.2.1.   Mengembangkan kemampuan olahraga, kepramukaan dan seni yang tangguh dan kompetitif.

6.3.1.   Mengembangkan kemampun KIR, lomba olimpiade yang cerdas dan kompetitif.

7.1.1.   Terselenggaranya madrasah plus keterampilan

7.2.1.   Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (Iptek)

7.3.1.   Mewujudkan fasilitas madrasah yang interaktif, relevan dan berbasis IT.

8.1.1.   Mewujudkan KBM yang kondusif dalam lingkungan madrasah yang aman, tertib, disiplin, bersih yang didukung oleh sarana prasarana yang memadai.

8.2.1.   Mewujudkan penilaian autentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif.

8.3.1.   Mewujudkan peningkatan prestasi kelulusan

8.4.1.   Menumbuh kembangkan budaya karakter bangsa

9.1.1.   Menciptakan lingkungan madrasah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman.

9.2.1.   Menciptakan lingkungan madrasah yang rindang, asri dan bersih

9.3.1.   Mencegah terjadinya kerusakan dan pencemaran lingkungan.

10.1.1. Menciptakan hubungan yang harmonis dan demokratis antar warga madrasah dan lingkungan madrasah.

10.2.1. Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring dengan steakholder.

Ponorogo, 1 Juli 2017
Kepala Madrasah

MIFTAKHUL KHOIRI, S.Pd.I